aCommerce Group CEO Paul Srivorakul

aCommerce Raih Pendanaan US$65 Juta dalam Seri B, Dipimpin oleh Emerald Media dari Perusahaan Investasi KKR Mendorong Pertumbuhan Ekosistem Ritel dan Ecommerce di Asia Tenggara

Sebagai ecommerce enabler dan e-distributor terkemuka di wilayah ini, aCommerce akan terus membangun strategi ritel multi-channel, distribusi, dan marketing, untuk kesuksesan berbagai brand seperti Samsung, Unilever, Nestlé, L’Oreal, Philips, dan Mars.

Jakarta, 20 November 2017 – aCommerce Co. Ltd. hari ini mengumumkan penutupan babak pendanaan Seri B pada angka US$ 65 juta. aCommerce adalah ecommerce enabler dan e-distributor terkemuka yang beroperasi di empat pasar di Asia Tenggara yang menyediakan jasa untuk lebih dari 260 klien seperti Samsung, Unilever, Nestlé, L’Oreal, Philips, dan Mars untuk berjualan di pasar konsumen yang saat ini tumbuh paling pesat di dunia.

Babak pendanaan terbaru ini dipimpin oleh Emerald Media, sebuah platform pan-Asian yang didirikan oleh firma investasi global, KKR, untuk berinvestasi di industri yang berkembang cepat di seluruh Asia. Partisipan lain dalam babak ini adalah para investor yang sebelumnya sudah bergabung terlebih dahulu yaitu Blue Sky, MDI Ventures, dan DKSH, dengan North Ridge Partners sebagai perusahaan penasihat.

Investasi sebesar US$ 65 juta ini akan digunakan aCommerce untuk:

  1. Lebih lanjut menambah platform teknologi yang tersentralisasi untuk brand yang memungkinkan klien untuk menghubungkan dan mendistribusikan produk mereka melalui jaringan terintegrasi Business-to-Consumer (“B2C”) (contoh: toko brand onlinee-marketplace seperti Lazada dan Shopee) dan kanal Business-to-Business (“B2B”) dengan analisa data yang real-time;
  1. Memperbesar kemitraan strategis di dalam ekosistem ritel di empat pasar di mana aCommerce kini berada: Singapura, Indonesia, Thailand, dan Filipina, dan;
  1. Memungkinkan ekspansi klien ke pasar baru seperti Malaysia dan Vietnam

Brand Masuk ke Multi-Channel, Menuntut “Business-to-All” (B2A)

Mengingat pesatnya pertumbuhan pasar B2C dan industri ritel di ASEAN, semakin banyak brand yang ingin meluncurkan produknya ke berbagai kanal untuk menjangkau tipe-tipe audiens baru seperti B2B yang meliputi pemain ritel khusus, reseller, business-to-governments (“B2G”), dan business-to-corporate employees (“B2E”).

“Pada masa-masa awal adopsi platform online di Asia Tenggara, mempunyai sebuah website saja sudah cukup,” tutur Paul Srivorakul, Co-Founder dan Group CEO aCommerce. “Percepat masa tersebut ke beberapa tahun kemudian, brand kini menyadari bahwa untuk menjadi yang terdepan dalam permainan ritel, brand harus eksis dalam semua kanal penjualan dan selalu “haus” data untuk sepenuhnya mengontrol pricing dan touch points konsumen.”

“Pelanggan ingin mengakses brand favorit mereka kapan saja dan melalui platform apa saja,” lanjut Paul. “Klien dapat memanfaatkan keahlian ecommerce dengan pendekatan data-drivendan local footprint kami untuk secara efektif mendistribusikan produk mereka untuk menjadi business-to-all.”

aCommerce adalah pemrakarsa di belakang layar untuk beberapa inisiatif B2B dan B2E dari brand-brand global di ASEAN seperti Samsung dan L’Oreal.

Platform kami mencakup keseluruhan perjalanan online pelanggan, dari distribusi produk sample sampai pengumpulan data pelanggan untuk mendorong dan menghubungkan pembelian di semua kanal seperti webstore milik brand dan top marketplace di Asia Tenggara,” tambah Paul.  “Memiliki partner yang kuat seperti KKR dan Emerald Media dengan jam terbang investasi menahun mereka di wilayah ini akan memberikan modal dan koneksi yang penting dari segi konten dan demand generation di seluruh Asia Tenggara. Kami dapat memberikan level transparansi dan akuntabilitas yang jauh lebih baik, yang sulit ditemukan di tempat lain.”

Semua Mata Tertuju pada Konsumen Asia Tenggara

Peningkatan perpindahan para penduduk wilayah ini ke online shopping terjadi dalam kecepatan yang eksponensial, tumbuh sekitar 32% setiap tahunnya dalam 10 tahun ke depan menurut Google dan Temasek. Peningkatan aktivitas online ini telah menyebabkan “raksasa-raksasa” seperti JD.com, Amazon, dan Alibaba berekspansi ke pasar ritel Asia Tenggara.

Di tahun 2017 saja, brand seperti Mars, Nestlé, dan Unilever, telah membangun kanal ecommerce resmi di seluruh wilayah Asia Tenggara bersama aCommerce untuk memperluas kanal penjualan offline mereka yang sudah lebih dulu hadir.

aCommerce adalah bagian penting dari ekosistem yang memungkinkan perusahaan-perusahaan ini untuk mengumpulkan dan memiliki data konsumen yang berharga, membangun kemitraan yang strategis dengan para top marketplace dan retailer, dan mengakses actionable data melalui sebuah platform riset pasar ecommerce, ecommerceIQ.

“Yang membuat kami percaya diri dengan aCommerce adalah karena platform teknologi mereka fokus pada brand dan memungkinkan klien untuk dengan mudah terhubung dan menggunakan semua sistem operasi, metode kanal distribusi, dan aplikasi demand generation di seluruh Asia Tenggara,” ujar Paul Aiello, Managing Director dan Co-Founder Emerald Media. “Ini memberikan para pemain baru cara cepat untuk meluncurkan operasi multi-channel di pasar yang sedang sangat menggeliat ini tanpa harus membangun operasi lokal besar-besaran.”

“Hanya dalam empat tahun aCommerce telah menempatkan diri mereka sebagai pemimpin di Asia Tenggara dan bekerja sama dengan berbagai brand kelas dunia,” kata Rajesh Kamat, Managing Director dan Co-Founder Emerald Media. “Kami tidak sabar untuk mengakselerasi ekspansi bisnis kami sebagai pemain kunci di ekosistem ritel Asia Tenggara ke depannya.”

Tentang aCommerce

aCommerce adalah ecommerce enabler dan e-distributor terkemuka di Asia Tenggara yang menyediakan solusi ritel terlokalisasi untuk berbagai brand global seperti Samsung, Unilever, Nestlé, L’Oreal, Philips dan Mars. Berdiri pada Juni 2013, aCommerce memiliki lebih dari 1,400 karyawan dan kantor serta fulfillment center di Singapura, Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Filipina.

aCommerce menyediakan teknologi ecommerce end-to-end dan jasa yang terpusat untuk brand meliputi performance marketing, channel management, webstore design, content production, order fulfillment dan warehousing, delivery dan customer service lokal. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.acommerce.asia.

Tentang Emerald Media

Emerald Media adalah sebuah perusahaan Pan-Asian didukung oleh perusahaan investasi KKR untuk berinvestasi di industri yang berkembang pesat seperti media, hiburan, consumer tech dan B2B di seluruh Asia, di mana KKR telah berkomitmen untuk mengalokasikan dana hingga US$300M dari KKR Asian Fund II-nya. Emerald Media dipimpin oleh para veteran industri seperti Paul Aiello dan Rajesh Kamat, dan didukung oleh tim investasi dan eksekutif operasional berpengalaman. Paul dan Rajesh bersama-sama memiliki lebih dari 40 tahun pengalaman di industri dan membawa gabungan ketajaman operasional dan investasi yang unik dalam pendekatan bisnis mereka.

Emerald Media memiliki fokus utama pada penyediaan modal pertumbuhan untuk perusahaan media, hiburan, consumer tech, dan B2B. Emerald bertujuan untuk mendukung pertumbuhan perusahaan publik dan privat dengan menyediakan modal dan nilai-nilai strategis. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.emeraldmedia.asia.