nana-s

PROFIL: Nana Suryana, Best Employee aCommerce 2016

Sebelum bergabung dengan aCommerce, selama kurang lebih tiga tahun Nana Suryana sempat mengecap beragam profesi, mulai dari menjadi waiter, messenger, debt collector, customer service, purchasing admin, hingga akhirnya memulai karirnya di aCommerce pada tahun 2014.

Perjalanan Karir Nana di aCommerce

Nana memulai semuanya dari nol di aCommerce. Di awal masa kerjanya, Nana memegang posisi sebagai dispatcher (staff admin) dan melapor ke satu orang atasan yaitu supervisor (SPV) distribusi. Baru tiga bulan bekerja, ternyata supervisor Nana mengundurkan diri dari aCommerce sehingga mau tidak mau Nana harus turun tangan menangani distribusi dan transport langsung tanpa pengalaman sama sekali.

Dengan bantuan seorang rekan kerja lain dari tim Fulfillment, Alvie Fraditya, mereka akhirnya bahu membahu membangun tim Distribusi. Tantangan datang silih berganti ketika proses transisi ini berjalan. Banyak cerita yang terjadi, mulai dari salah dalam bekerja, dimaki atasan di depan semua orang di gudang, tidak pulang ke rumah selama satu minggu, tidur di gudang hanya beralaskan kardus, dan masih banyak lagi. Namun semua itu tidak malah membuat mereka menyerah, Nana dan Alvie terus berkomitmen untuk berbenah, rajin bertanya dan belajar dari para atasan.

Masa-masa berat perlahan dapat Nana dan Alvie lewati, dan berkat bimbingan para atasan, kemajuan karier Nana dan Alvie mulai nampak ketika mereka dipromosikan menjadi leader. Alvie mengurusi Halim dan Nana hijrah ke Cakung untuk membangun distribusi area Bekasi. Dalam rentang waktu enam bulan, Nana dan Alvie bertukar tempat sampai kemudian Alvie ditempatkan di MM dan Nana dipromosikan menjadi single supervisor (SPV) di aCommerce, menangani distribusi di Halim dan Cakung (sekarang Pondok Ungu).

Seiring berjalannya waktu, tim Distribusi pun terus berkembang dengan penambahan anggota-anggota baru. Dalam perkembangan karirnya di tim Distribusi, Nana kemudian juga menangani tracer team untuk proses status update dari aCommerce Fleet maupun 3PL hingga kini ia bertanggungjawab untuk rekonsiliasi COD 3PL dan asuransi klien yang dianggapnya sebagai tantangan baru yang benar-benar Nana nikmati.

Tantangan dan Pembelajaran yang dipetik Nana…

“Saat saya ditinggal atasan saya di awal karier saya, walau saya tidak mengerti sama sekali dengan dunia distribusi & transport, di situ saya putuskan untuk memantapkan pilihan dan tetap berjuang walaupun harus menguras waktu, tenaga, dan pikiran. Saya tahu saya bisa saja menyerah, tapi kalau saya tidak bisa berusaha melewati masa-masa itu dan benar-benar belajar, mungkin saya tidak akan menikmati masa-masa sekarang ini.

Di aCommerce saya belajar untuk tidak mudah menyerah dan tidak malu bertanya bila kita tidak mengetahui sesuatu. Saya beruntung selama saya bekerja di sini saya mempunyai rekan-rekan kerja yang tidak pelit ilmu dan bantuan. Bagi saya, sampai saat ini aCommerce adalah tempat belajar dan bekerja yang sangat nyaman.”

 

nana suryana

Pengalaman Paling Berkesan…

“Saya benar-benar tidak menyangka bahwa di tahun ketiga saya bersama aCommerce saya diberikan tidak hanya satu, tapi dua penghargaan dari perusahaan, yaitu Best Employee of Transport & Distribution dan Best Employee aCommerce 2016. Saya benar-benar berterima kasih kepada seluruh jajaran manajemen aCommerce yang benar-benar mengapresiasi apa yang telah kami kerjakan. Semoga kisah saya ini bisa juga menjadi inspirasi dan pemacu semangat rekan-rekan kerja lainnya di aFamilia.”

Empat Prinsip Kerja Nana:

  • Kerja keras
  • Tanggung jawab
  • Jujur
  • Jaga komunikasi yang baik dengan atasan dan rekan kerja

Video BEST EMPLOYEE 2016 – Nana Suryana