zoyacosmeticscom

ZOYA Cosmetics Merambah Pasar Online dengan aCommerce Indonesia

aCommerce Indonesia berperan sebagai end-to-end solutions provider untuk mengelola seluruh penjualan online Zoya Cosmetics

Jakarta, 12 Juni 2017. Zoya Cosmetics, salah satu lini bisnis dari Zoya Fashion yang dipayungi oleh holding company Shafira Corporation, menunjuk aCommerce Indonesia sebagai partner strategisnya untuk membesarkan bisnis Zoya Cosmetics di ranah online. Zoya Cosmetics memiliki visi untuk menjadi merk kosmetik halal terdepan di industri health and beauty dengan mengedepankan produk-produk yang terjangkau, aman, dan natural (menggunakan bahan-bahan alami).

Untuk mencapai visi ini, aCommerce Indonesia memberikan solusi bisnis end-to-end mulai dari konsultansi, webstore development, channel management, digital marketing, fulfillment, hingga delivery. aCommerce Indonesia praktis berperan sebagai online distributor Zoya Cosmetics bekerja sama dengan Lazada, Tokopedia, dan Shopee, selain meluncurkan website ecommerce www.zoyacosmetics.com yang sudah resmi beroperasi mulai tanggal 8 Juni 2017 lalu.

Pangsa Pasar Kosmetik Halal Kian Meningkat

Setelah berkecimpung lebih dari 12 tahun di dunia fashion muslimah, Zoya Fashion yang melihat masih besarnya peluang pasar kosmetik halal di Indonesia berekspansi meluncurkan Zoya Cosmetics untuk memberikan pilihan produk halal bagi customer dalam melengkapi kebutuhan terhadap produk kecantikan, mulai dari perlengkapan make up seperti lipstick, powder, base make up, eyebrow, eyeshadow, eyeliner, blush on, mascara, dan make up removal; hingga perawatan wajah dan tubuh seperti body mist, natural white, acne & facial series, dan sunscreen.

Keistimewaan Zoya Cosmetics terletak pada produknya yang bebas paraben dan mengandung bahan alami grape seed oil dengan kadar anti oksidan tinggi. Awalnya produk Zoya Cosmetics dijual secara offline di setiap outlet Zoya Fashion, namun kini masyarakat juga bisa berbelanja online di Zoya Official Store di Lazada, Tokopedia, Shopee, dan www.zoyacosmetics.com yang baik integrasi platform, website development, maupun online store management-nya dikelola oleh aCommerce Indonesia.

Seperti yang dilansir Reuters, demand untuk produk kecantikan halal akan terus meningkat seiring dengan bertumbuhnya masyarakat Muslim kelas menengah. Ada lebih dari 1,5 milyar umat Muslim di dunia atau sekitar seperempat dari populasi global. Indonesia sendiri adalah negara dengan populasi umat muslim terbesar, 90% dari total 250 juta penduduk, yang menjadikannya sebagai pasar terbesar untuk produk-produk halal. Ada lebih dari 2,000 produk yang beredar di Indonesia yang kini mendapat sertifikasi halal dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) yang membuktikan bertumbuhnya kepedulian akan pentingnya kandungan halal dalam produk.

Menurut Deloitte Tohmatsu Consulting di tahun 2015, kosmetik halal diestimasikan akan menempati 11% dari total kue pasar halal global yang bernilai lebih dari 1 triliun juta dolar. Firma riset TechNavio melihat akan ada pertumbuhan sebesar 14% dari penjualan produk personal care halal hingga tahun 2019, melebihi pasar produk lain yang lebih general.

Menurut Future Markets Indonesia (FMI), pasar produk halal di Asia Tenggara telah mencapai 1037.7 juta dolar pada tahun 2016, sementara dalam forecast periode 2015-2020, pasar ini diperkirakan akan berekspansi sebesar 10.2% dalam compound annual growth rate (CAGR). Masih menurut FMI, permintaan akan produk skin care dan kosmetik berwarna halal di Asia Tenggara berkembang sangat pesat, di mana kedua segmen produk ini meraup lebih dari 70% keseluruhan pangsa pasar kosmetik halal pada tahun 2014.

Strategi Online Zoya Cosmetics

Sebagai strategic partner ecommerce bagi Zoya, aCommerce Indonesia tidak bertindak sebagai penyedia jasa di level eksekusi saja, namun sebagai partner bisnis yang juga memproyeksi pertumbuhan bisnis dan strategi untuk mencapainya, sekaligus solusi bagi kemungkinan isu-isu operasional yang muncul.  Luasnya lini servis baik dari sisi Demand Generation hingga Demand Fulfillment serta pengalaman aCommerce menangani penjualan online berbagai brand retail multinasional, terutama pada kampanye-kampanye online besar seperti 11.11 dan 12.12 menjadi beberapa faktor utama strategic partnership ini.

“Kerja sama antara Zoya Cosmetics dan aCommerce Indonesia diharapkan akan menjadi percontohan dan success story multi-channel menuju omnichannel ecommerce model dengan ketersediaan produk dan kemudahan berbelanja yang sama, baik di platform online maupun offline. Lebih dari itu, kerja sama ini juga merupakan bagian dari misi aCommerce Indonesia untuk membawa merk-merk dalam negeri ke pasar global.” ujar Hadi Kuncoro, CEO aCommerce Indonesia.

Dalam mengembangkan bisnis online Zoya Cosmetics dua tahun ke depan aCommerce Indonesia bermisi untuk mengoptimalkan penjualan dengan pendekatan O2O (Online to Offline), mengintegrasikan online marketplace, corporate ecommerce, webstore, dan media sosial. aCommerce Indonesia akan mengelola baik fulfillment offline maupun online di warehouse seluas 200sqm di Gedebage, Bandung yang merupakan hub terbaru aCommerce.