Pedigree Memanfaatkan Teknologi E-Sampling aCommerce untuk Menjangkau Lebih dari 60,000 Pecinta Anjing di Manila

Kampanye Menjadi Viral di Media Sosial dan Target Kampanye Tiga Bulan Tercapai Hanya dalam Dua Minggu

Pedigree, merek makanan anjing terkemuka di dunia dari Mars Petcare, meluncurkan sebuah kampanye online pada tanggal 15 Mei lalu untuk mengirimkan sampel makanan anjing bergizi secara cuma-cuma kepada pemilik hewan peliharaan di Metro Manila selama tiga bulan.

Pemilik hewan peliharaan hanya perlu memberikan nama anjing, jenis anjing (breed), email, dan alamat untuk menerima berbagai produk paling populer dari merek tersebut termasuk Pedigree adult grilled steak dry food, Pedigree vegetable flavor wet food, dan pamflet berisi informasi diet yang seimbang dan bernutrisi untuk anjing peliharaan mereka.

Tetapi hanya dalam waktu dua minggu, keseluruhan pasokan –lebih dari 60,000 sampel– habis dipesan dan dikirimkan setelah banyak pemilik anjing di Filipina, termasuk digital influencers, menulis di media sosial untuk berterima kasih kepada Pedigree untuk kampanye ini.

Masyarakat Filipina menghabiskan waktu paling lama dalam saluran sosial (social channel) dibanding negara-negara lainnya di Asia Tenggara – sekitar empat sampai lima jam di Facebook setiap hari– yang menjelaskan mengapa lebih dari 40% pendaftaran kampanye Pedigree muncul secara organik dari saluran-saluran sosial terkenal dan tingkat konversi mencapai 80%.

“Kami sangat senang dengan hasil dari kampanye ini. Bekerja sama dengan aCommerce membuat sampling menjadi sangat mudah karena mereka juga menangani fulfillment dan pengiriman sampel kami selain menyediakan platform teknologi dan merancang kotak pengiriman khusus untuk kami,” ujar May Vajarodaya, Portfolio Management Manager Mars Petcare.

“Platform e-sampling aCommerce juga menawarkan pelacakan pengiriman sampel secara real-time yang membuat kami percaya diri dengan kampanye ini. Sebelum bekerja sama dengan aCommerce, kampanye sampel bagaikan “kotak hitam” bagi kami karena kami tidak mempunyai visibilitas terhadap efektivitas kampanye setelah barang kami serahkan,” tambah May.

E-retailing di Filipina

Pasar ritel online di Filipina diharapkan akan mencapai 2.34 miliar USD pada tahun 2021, sebuah angka yang relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara tetangga di Asia Tenggara, yang membuat banyak bisnis berhati-hati untuk menapaki ranah digital Flipina, sementara beberapa perusahaan global yang berekspansi online seperti Payless ShoeSource PH, telah mampu mencapai keuntungan sebagai “penggerak awal.”

Dengan 60,000 database pencinta anjing, Pedigree berada pada posisi yang baik untuk melakukan tahapan selanjutnya: ”try-to-buy,” yang memungkinkan pengguna untuk membeli produk Pedigree secara online, sebagaimana Pedigree berdedikasi untuk membuat nutrisi profesional dapat diakses dengan mudah.

“Sampel produk adalah sebuah langkah awal yang baik untuk brand, terutama brand FMCG (fast-moving consumer goods), untuk beralih ke ecommerce. Dengan peningkatan viral yang telah kami lihat dari kampanye Pedigree, brand seharusnya juga melihat ini sebagai sebuah saluran pemasaran digital yang efektif untuk mengakuisisi dan mengaktivasi pengguna,” tutur Sheji Ho, Group CMO aCommerce.

Dengan keberhasilan dari kampanye ‘’Try Pedigree” di Filipina, Mars Petcare ingin meniru keberhasilan yang sama di Indonesia dan Thailand.